Memelihara Komputer Windows XP Supaya Sehat


Menjaga agar sebuah komputer Windows XP tetap sehat dan bahagia tidak perlu melibatkan rutinitas yang rumit. Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang beberapa peralatan sederhana yang dapat Anda gunakan secara teratur.

Pemeriksaan drive untuk mencari kerusakan
Disk-disk sewaktu-waktu dapat mengalami kerusakan-kerusakan dalam cara file-file disimpan, dan kerusakan-kerusakan itu dapat mempengaruhi kemampuan sistem. Kerusakan-kerusakan disk sewaktu-waktu dapat timbul sendirinya dalam cara yang aneh--mulai dari data yang hilang sampai kerusakan karena kehabisan memori.
Terdapat dua jenis kerusakan disk: fisik dan logical. Kerusakan fisik adalah adanya titik yang buruk pada disk, biasanya disebabkan oleh trauma fisik seperti jatuhnya komputer tersebut saat beroperasi. Kerusakan logical, yang lebih sering terjadi, adalah kerusakan yang terjadi pada daftar isi dari sistem penyimpanan disk. Peralatan Check Disk dalam Windows XP dapat memperbaiki kedua masalah tersebut.
Memeriksa disk untuk mencari kerusakan:

1. Buka My Computer.
2. Klik kanan hard disk (atau salah satunya, jika Anda memiliki beberapa hard disk) dan pilih Properties.
3. Pada Tools, klik Check Now untuk membuka kotak dialog Check Disk.
4. Ada dua pilihan yang tersedia:

Perbaikan kerusakan sistem file secara otomatis:
Jika Anda memilih pilihan ini, Check Disk akan memperbaiki permasalahan apapun yang ditemukannya daripada hanya memberitahu Anda mengenai tiap masalah. Para pemula sebaiknya memilih ini; para pemakai tingkat lanjut yang ingin tahu mengenai kerusakan apa saja yang ditemukan tidak perlu memilih ini.

Scan untuk mencari dan mencoba menyelamatkan bad sectors: Jika Anda memilih pilihan ini, Check Disk melakukan tes logical dan fisik. Karena setiap tes fisik membutuhkan waktu yang lama (satu jam atau lebih dalam kasus tertentu) dan karena kerusakan fisik jarang terjadi, kebanyakan orang hanya menggunakan pilihan ini kadang-kadang saja (sekali setiap beberapa bulan atau lebih) atau hanya bila ada kerusakan saat disk membaca atau file ingin disimpan. Klik Start untuk memulai pemeriksaan. Jika Anda tidak menandai pilihan Automatically fix file system errors, dan jika terdapat kerusakan yang ditemukan selama pemeriksaan, sebuah kotak dialog akan muncul menanyakan apakah Anda ingin memperbaiki mereka. Klik Yes untuk memperbaiki setiap kerusakan.

Mendefragment sistem file
Saat Anda pertama kali menyimpan sebuah file pada disk, file tersebut disimpan dalam sebuah tempat yang berdampingan dalam jumlah yang sangat banyak, tetapi saat anda mengedit file tersebut, file tersebut menjadi fragmented (yaitu, bagian-bagian tersebut disimpan dalam tempat-tempat yang tidak berdekatan). Seperti yang Anda bayangkan, hal tersebut mengakibatkan lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk membuka file yang fragmented dari pada yang tidak fragmented, karena kepala hard disk untuk membaca dan menyimpan harus melompati disk tersebut, dan mengumpulkan pecahan-pecahan filenya. Itulah sebabnya mengapa mendefragment suatu hard disk dapat meningkatkan kemampuannya. Dengan mengatur ulang file-file yang tersimpan di dalamnya agar setiap file tersimpan dalam tempat yang berdekatan, mendefragment suatu hard disk dapat meningkatkan kemampuannya.

Tip: Mendefragment memang membutuhkan waktu yang lama, jadi Anda mungkin sebaiknya memulainya sebelum Anda tidur atau sebelum Anda pergi di malam hari dan membiarkan program berjalan sementara Anda pergi. Jika Anda memilih untuk mendefragment sementara Anda sedang bekerja, jangan gunakan komputer Anda saat sedang didefragment, karena setiap kali isi dari hard disk diubah, proses tersebut dimulai dari awal lagi. Matikan screensaver dan program antivirus Anda sebelum menjalankan itu untuk meminimalisasi pengulangan dari awal akibat perubahan dari hard disk.

Untuk mendefragment suatu disk:

1. Pilih Start > All Programs, Accessories > System Tools > Disk Defragmenter. Kotak dialog Disk Defragmenter akan muncul.
2. Pilih drive yang Anda inginkan untuk didefragment, dan kemudian lakukan salah satu langkah di bawah ini:

- Klik Defragment untuk mulai mendefragment drive sekarang.
- Klik Analyze untuk memeriksa seberapa parah defragment yang harus dilakukan pada drive.


Jika Anda memilih bagian kedua, suatu saran akan muncul setelah satu atau dua menit. Dari sana, Anda dapat memilih apakah Anda ingin mendefragment.

Hapus file-file yang tidak dibutuhkan
Saat program dijalankan, hal tersebut kadang-kadang menciptakan file-file sementara, seperti secarik kertas tempat ia membuat catatan. Saat program selesai dilakukan, file-file ini akan dihapus secara otomatis. Tetapi, jika hal tersebut terhapus secara tidak normal, file-file sementara yang tertinggal dalam hard disk Anda akan menghabiskan tempat.

Windows memiliki dua peralatan untuk membersihkan sistem Anda.
  • Disk Cleanup menemukan dan menghapus file-file yang tidak perlu dari hard disk Anda, membersihkan ruang disk secara keseluruhan.
  • Desktop Cleanup Wizard menghilangkan shortcut icon yang tidak terpakai dari desktop Anda.
Ada dua cara untuk memulai Disk Cleanup:
  • Pilih Start > Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup. Pada kotak dialog Disk Cleanup yang muncul, pilih drive yang ingin Anda bersihkan.
  • Buka My Computer, klik kanan drive dan pilih Properties. Pada General, klik Disk Cleanup.
Dengan cara apapun, Anda akan sampai pada kotak dialog Disk Cleanup. Sebuah laporan akan muncul pada drive yang dipilih untuk menunjukkan file-file mana yang aman bagi Windows untuk dihapus. Tandai atau hilangkan tanda pada checkbox untuk setiap kategori dari file-file yang ditampilkan oleh Windows, klik OK, dan kemudian klik Yes.

Setiap 60 hari, sebuah pengingat akan muncul pada system tray Anda menyarankan Anda untuk menjalankan Desktop Cleanup. Jika Anda melihat pengingat seperti itu, Anda dapat mengkliknya untuk menjalankan program tersebut. Atau, Anda dapat menjalankannya secara manual:

1. Klik kanan desktop dan pilih Properties.
2. Pada Desktop, klik Customize Desktop. Kotak dialog Desktop Items akan muncul.
3. Pada General, klik Clean Desktop Now. Desktop Cleanup Wizard akan dimulai.
4. Klik Next untuk melanjutkan, dan kemudian pada layar Shortcuts, tandai atau hilangkan tanda pada checkbox untuk setiap desktop shortcut. Di samping tiap shortcut terdapat tanggal kapan ia terakhir digunakan; item yang belum pernah digunakan akan secara otomatis telah ditandai.
5. Klik Next, dan kemudian Finish. Anda telah selesai.
Saat Anda selesai, folder icon baru akan muncul pada desktop dan dinamai Unused Desktop Shortcuts. Folder tersebut berisikan icon yang dihapus. Anda dapat membuka folder ini sewaktu-waktu dan menarik salah satu icon tersebut kembali ke desktop.

0 komentar: